Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Teruslah Menulis Meski Tulisan Anda Dilecehkan Orang

Teruslah Menulis Meski Tulisan Anda Dilecehkan Orang

Sering kali kita menerima cibiran, cemoohan bahkan hinaan dari orang lain tentang kualitas tulisan kita, bagaimana reaksi anda?

1. Menerima dengan syukur karena masih ada orang yang memperhatikan atau membaca tulisan kita, kita terima sebagai bentuk koreksi bagi kita agar lebih meningkatkan kulaitas tulisan kita selanjutnya.

2. Biasa-biasa saja, ada yang mengritik atau tidak kita cuek saja, itu menunjukkan kita tidak paham dengan kualitas tulisan kita, asal kita menulis tanpa perlu meningkatkan kualitas tulisan kita,jadinya tulisan kita biasa-biasa saja, atau bahkan menurun karena bisa jadi tulisan teman-teman kita lebih baik dan mau berubaha, sementara tulisan kita tetap tak berubah ke arah yang lebih baik.

3. Kita marah, apalagi yang ini, jangan sampai terjadi karena menunjukkan kita merasa paling benar atau paling baik, tak mau dikritik, ini yang menyebabkan kita tidak berkembang dalam hal menulis dan lama-lama tulisan kita ditinggalkan oleh para pembaca, karena kualitasnya memang benar-benar kurang baik atau sama sekali jelek.

Bagaimana Tulisan yang Baik Itu?

1. Menulislah sesuai dengan apa yang Anda rasa, dengar dan lihat saat itu

Dengan cara ini, Anda akan menulis dengan sepenuh hati. Bukan cuma itu, menulis dengan apa yang Anda rasakan maka kata dan kalimat akan mengalir dengan sendirinya sehingga Anda akan mudah menemukan banyak kalimat yang sama sekali mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

2. Pilih kata dan kalimat sederhana

Jangan buat diri Anda pusing dengan memikirkan kata atau kalimat yang terlalu kompleks atau dibuat-buat. Mulailah menulis dengan kata dan kalimat yang sederhana, karena dengan hal seperti ini maka Anda akan lebih enjoy dan nyaman saat menulis.

3. Gunakan gaya bertutur, seperti Anda berbicara

Sebagai langkah dasar cara menulis, hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal dan kaku. Menulislah sebagaimana Anda layaknya berbicara. Biarkan tulisan Anda mengikuti apa yang menjadi kebiasaan Anda saat berbicara dengan orang lain.

Gunakan bahasa yang komunikatif.

Jika ini dilakukan, maka tulisan Anda akan terkesan ringan, bagus dan enak saat dibaca.

4. Menulislah dengan jujur

Maksudnya begini,

Ketika Anda mulai berpikir untuk menulis tentang informasi, maka hal yang harus Anda lakukan adalah menulis dengan memberikan informasi yang jelas dan akurat agar tidak terjadi kesalahpahaman. Jangan mengada-ada atau bohong.

Apalah arti tulisan yang bagus jika itu berisi sebuah kebohongan. Yang Anda sajikan hanya demi meraih popularitas.

5. Menjadi diri sendiri

Sering kali kita terbuai ketika membaca tulisan orang lain. Bahkan karena begitu bagus tulisannya, maka terkadang kita berpikir untuk bisa menulis seperti halnya tulisan tersebut. Terutama tentang gaya bahasa dan teknik menulisnya yang kita rasa luar biasa.

Namun menurut pendapat saya, meniru gaya orang lain dalam menulis itu merupakan hal yang kurang baik. Jika itu terjadi, maka Anda hanya akan menjadi bayang-bayang mereka di kemudian hari, apalagi Anda hanya seorang yang pemula dalam menulis.

Saran saya, menulislah dengan gaya bahasa sendiri. Menjadi diri sendiri akan jauh lebih baik dibanding meniru gaya bahasa dari orang lain.

Pertahankan gaya bahasa Anda sendiri sehingga bisa menjadi sesuatu yang khas pada akhirnya. Orang akan mengenal Anda karena tulisan dan gaya bahasa khasnya.

Dan itu luar biasa.

6. Terus berlatih menulis

Disiplin menulis setiap hari akan membantu Anda dalam melatih diri sehingga pada akhirnya menulis menjadi hal yang mudah dan nyaman dilakukan.

Perkaya pengetahuan Anda dengan memperhatikan dan membaca tulisan-tulisan orang lain untuk memacu semangat Anda dalam menciptakan gaya khas penulisan Anda.

7. Hindari kata-kata yang tidak perlu

Dalam menulis, hendaknya menghindari kata-kata yang dirasa tidak perlu. Banyak orang yang sering berputar-putar dalam menulis. Bertele-tele sering kali akan berdampak buruk bagi pembaca. Mereka merasa bosan dan akhirnya pembaca akan menutup tulisan Anda.

Buatlah tulisan yang benar-benar runtut sehingga tidak membuat bingung dan pusing bagi pembaca.

Tulisan yang bagus akan menjadi lemah hanya karena kata-kata yang tidak berarti. Perhatikan hal itu dan berusaha menulis dengan lugas dan bermakna.

Terimalah saran, kritik, cibiran bahkan hinaan orang lain tentang tulisan kita dengan lapang dada, dan berusahalah agar tulisan kita lebih baik dan berkualitas.

Rumahku, 07-03-2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terima kasih utk motivasinya pak....salam sehat dan sukses selalu

07 Mar
Balas

Barokallah Bu Desi

07 Mar

Motivasi luar biasa, semoga sehat selalu.

08 Mar
Balas

Alhamdulillah Pak Zaenal, Barokallah

08 Mar

Terima kasih, bisa banyak belajar.....

08 Mar
Balas

Alhamdulillah Ibu Dwi, mari sama-sama belajar bersama, Barokallah

08 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali