Ahmad Syaihu

Guru di MTsN 4 kota Surabaya, Lulusan S-1 Jurusan Geografi FPIPS IKIP Surabaya tahun 1990. Mulai menjadi PNS tahun 2000. Pengagkatan sebagai PNS pertama di SMPN...

Selengkapnya
Semua Ciptaan Allah Swt, Bermanfaat Bagi Manusia Bahkan Kentut juga (Seri Literasi Ramadan 23)

Semua Ciptaan Allah Swt, Bermanfaat Bagi Manusia Bahkan Kentut juga (Seri Literasi Ramadan 23)

Ini adalah hasil ceramah yang saya dapatkan dalam kegiatan Buka Bersama Keluarga besar MTsN 4 Kota Surabaya, kemarin . Ust. H. Moh Toha, S.Ag, seorang Dai dan guru bahasa Arab di MTsN 4 Kota Surabaya memberikan materi berupa Ayat-Ayat Qouliyah dan Ayat-ayat Kauiiyah dalam Al Quran

Ayat Qouliyah adalah kalam Allah (Al Qur’an) yang diturunkan secara formal kepada Nabi Muhammad SAW, melalui perantaraan Malaikat Jibril secara bertahap selama kurang lebih 22 tahun yang sekarang kita kenal dengan Al Quran yang terdiri dari 30 Juz, 114 surat yang merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad Saw, dan sebagai petunjuk dan pedoman hidup orang-orang yang beriman.

Sedangkan ayat Kauniyah adalah Semua ciptaan Allah di lama semesta , sebagai bukti kekuasaan Allah Swt, tugas manusia adalah mempelajari, merenungkan, mengeksplorasi, memanfaatkan dan menciptakan teknolgi agar bisa menerjemahkan Ayat-ayat Kauiniyah, sehingga bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Allah swt. berfirman: “Bacalah (ya Muhammad) dengan nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari ‘alaq. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang Mengajar (manusia) dengan perantaraan alam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-‘Alaq:1-5)



Dalam bericara tentang alam dan fenomenanya. Paling sedikit ada dua hal yang dapat dikemukakan menyangkut hal tersebut:


a. Al-Quran memerintahkan atau menganjurkan kepada manusia untuk memperhatikan dan mempelajari alam rayaa dalam rangka memperoleh manfaat dan kemudahan-kemudahan bagi kehidupanya dan mengantarkan kepada kesadaran-kesadaran akan keesaan dan kemahakuasaan Allah SWT.
b. Alam dan segala isinya beserta hukum-hukum yang mengaturnya, diciptakan, dimiliki, dan dibawah kekuasaan Allah Swt serta diatur dengan sangat teliti.

Semua ciptaan Allah Swt di alam semesta ini seluruhnya sangat bermanfaat bagi manusia, sebagai bekal menjalankan tugasnya sebagai kholifah di bumi, sebagaimana firman Allah Swt dalam Surat Ali Imran yang artinya

Yaitu orang-orang yang menyebut dan mengingati Allah SWT tatkala mereka berdiri dan duduk dan tatkala mereka berbaring mengiring, dan mereka pula memikirkan tentang kejadian langit dan bumi (sambil berkata): "Wahai Tuhan kami! Tidaklah Engkau menjadikan benda-benda ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari azab neraka” (Surah Ali-Imran).

Bahkan mahluk hidup kecil dan mungkin sangat mengganggu kita, seperti misalnya ketombe, nyamuk ternyata itu sangat bermanfaat bagi manusia, bagi kemajuan ilmu pengetahuan menusia, bagi berdirinya pabrik Shampo, berdirinya pabri obat nyamuk, ratusan atau bahkan ribuan orang menjadi kaya karena menjadi pemilik pabrik shampoo, pabrik obat nyamuk, jutaan orang bisa menmperoleh pekerjaan dan menghidupi keluarga mereka karena bekerja di pabrik shampoo dan pabrik obat nyamuk, yang pada awalnya bahwa kedua hewan kecil itu mengganggu dan merepotkan manusia, ternyata Allah Swt, memberikan jawaban bahwa semua ciptaannya sangat berguna bagi manusia.

Bahkan penyakit mematikan semisal tumor, jantung coroner dan aids yang ditakutkan oleh manusia, bahkan bisa menjadikan beribu-ribu dokter menjadi ahli di bidang tersebut, beribu Rumah Sakit berdiri untuk menangani penyakit itu, beribu perusahaan farmasi berdiri untuk menghasilkan obat untuk menyembuhkan penyakit mematikan tersebut, dan tentunya berjuta orang telah mendapat manfaat dan memperoleh gaji untuk keluarganya karena bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan penyakit mematikan tersebut.

Di akhir ceramahnya Ustad H. Moh. Toha S.Ag yang ketika melaksanakan ibadah haji pada tahun 2016 yang lalu bersama saya, meski beda KBIH dan beda kloter tersebut, menceritakan pengalaman pribadinya, berkaitan dengan musibah yang menimpa ibunya.

Ibu Ustad Toha, pernah mengalami tidak bisa ‘kentut’(buang angin), selama beberapa hari, akhirnya ibunya yang tinggal di Ponorogo tersebut, di bawa ke rumah sakit, di Ponorogo, tidak bisa menangani, di RS Madiun yang lebih besar juga tidak terselesaikan, akhirnya oleh Ust. Toha ibunya di bawa ke RS di Surabaya yang lebih besar dan lebih canggih peralatannya, menurut dokter ibunya harus dioperasi biar bisa kentut, dan Alhamdulillah, meski harus membayar biaya operasi yang cukup mahal untuk sebuah kentut, yaitu 10 juta, ibu Ustad Toha akhirnya bisa mengeluarkan angin yang sudah 5 hari belum bisa keluar.

Subhanallah, bahkan sebuah Kentutpun, ada rahasia besar Allah Swt, diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman dan mau berfikir, yaitu lahirnya dokter yang ahli dalam bidang itu

Kalau kita sehari harus membayar 10 juta untuk sebuah kentut, mari kita hitung sudah berapa milyar yang harus kita bayar kepada Allah Swt, sebagai kompensasi kita diberikan gratis kentut setiap hari.

Acara tausiyah, harus diakhiri karena kumandan azan maghrib telah tiba, dan kami semua yang hadir di Masjid Al Hikmah MTsN 4 Kota Surabaya, harus membatalkan puasa di hari ke-23 Ramadan yang penuh berkah dan ampunan ini.

Rumahku, 24 Ramadan 1439 H/ 09-06-2018 Pak Guru yang sedang berburu ilmu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Benat sekali, semua ciptaan Allah bermanfaat. Trim pak, sdh mengingatkan sy utk sll bersyukur.

09 Jun
Balas

Selalu berfikir terhadap ciptaan Allah, serta bersyukur atas segala nikmatnya, adalah ciri-ciri oran g beriman

09 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali