Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Ramadan Bulan Literasi Kehidupan (Seri Literasi Ramadan 1)

Ramadan Bulan Literasi Kehidupan (Seri Literasi Ramadan 1)

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al qur'an, atau yang sering disebut sebagai Nuzulul qur'an, hebatnya 5 ayat pertama yang turun di Gua Hira pata tanggal 17 Ramadhan itu adalah ayat yang berisi perintah membaca dan menulis serta anjuran untuk mempelajari ilmu pengetahuan/

Perhatikan arti dari Ayat 1-5 Surat Al Alaq, yang merupakan 5 ayat pertama yang diturunkan oleh Allah Swt, melalui perantaaraan Malaikat Jibril ini :

  1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
  2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
  3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
  4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
  5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya

Jadi kewajiban dan perintah Allah yang pertama kepada manusia adalah belajar, mengajar dan memahami alam ciptaan Allah dengan menggunakan pikiran yang sehat dan jernih untuk mendapatkan makna sebenarnya mengapa manusia diturunkan di bumi sebagi Khalifah.

Bulan Ramdhan dalam pelaksanaan ibadahnya adalah dalam rangka kegiatan Literasi dalam arti yang seluas-luasnya

1. Perintah melaksanakan Puasa Ramadhan merupakan penerapan dari perintah Allah dalam Surat Al Baqoroh ayat 181, sehingga sebenarnya manusia melaksakan ibadah puasa merupakan penerapan dari perintah Allah dalam Al Qur'an.

2. Perintah memperbanyak membaca, mempelajari, mengajarkan, dan mengambil intisari makna Al qur'an banyak kita laksanakan dalam bulan Ramadhan, raminya kegiatan Tadarus di Masjid, mushollah, sekolah, madrasah, di rumah, di kantor-kantor maupun di tempat-tempat umum merupakan penerapan literasi dalam kehidupan nyata.

3. Perintah melaksanakan Sholat fardu, sholat sunnah, khususnya sholat taraweh yang ada hanya di bulan Ramadhan juga merupakan pelaksanaan dari perintah ALlah dalam Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW, itu juga merupakan inti dari pelaksanaan literasi dalam kehidupan sehari-hari.

4. Perintah melaksanakan Zakat, infaq dan sedekah banyak dilaksanakan pada bulan Ramadhan dengan adanya kewajiban mengeluarkan zakat fitrah, hanya pada bulan Ramadhan, sedekah akan lebih banyak di laksanakan di bulan Ramadhan, seperti sedekah makanan untuk berbuka puasa, sedekah untuk kegiatan tadarusan, sedekah makanan untuk sahur dan juga sedekah yang lain sangat nyata dan marak pada bulan Ramadhan.

5. Maraknya kegiatan pengajian, Tausiyah, Kultum dan ceramah keagamaan, kajian kitab di bulan Ramadhan baik yang diselenggarakan di masjid, mushollah, pondok pesantren, sekolah, madrasah, di stasiun televisi dan radio, atau di tempat-tempat umum lainnya pastilah membahas isi kandungan Ayat-ayat Al Qur'an, Sunnah Rasul dan membahas Kitab-Kitab dari para ulama, merupakan manifestasi literasi dalam dunia nyata, yang pembahasannya selalu kekinian.

Maka benarlah bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan Literasi kehidupan sesungguhnya dan senyatanya, mari kita sambut Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan dengan kegiatan ibadah yang lebih baik dari bula-bulan sebelumnya untuk mencapai terminal Idul Fitri dengan mendapatkan gelar Muttaqin, Aamiin

Rumahku, Jelang Subuh 1 Ramadhan 1439 H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Aamiin yaa robbal alaamiin. Barakallah.

17 May
Balas

Alhamdulillah, semoga kita menjadi orang-orang yang Muttaqin ibu

17 May

Terima kasih, sangat pencerahan pak. Semoga kita diberi kesehatan dan kekuatan untuk menjalani ibadah puasa. Amin.

19 May
Balas

Barokallah ibu, semoga bermanfaat dan barokah

31 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali