Ahmad Syaihu

Guru di MTsN 4 kota Surabaya, Lulusan S-1 Jurusan Geografi FPIPS IKIP Surabaya tahun 1990. Mulai menjadi PNS tahun 2000. Pengagkatan sebagai PNS pertama di SMPN...

Selengkapnya
Putar Kincir Anginku Jawablah Soalku
Kelompok Kelas 9c dengan permainan Kincir AnginKu

Putar Kincir Anginku Jawablah Soalku

Permainan Edukasi yang penulis tugaskan kepasa siswa kelas 9 sebagai tugas akhir Pembelajaran IPS menghasilkan berbagai permainan yang luar biasa dan sangat seru dan menyenangkan untuk dimainkan.

Salah satu kelompok di kelas 9c menghasilkan permainan 'Kincir AnginKu Penuh dengan Kejutan' yang berisi materi tentang perjalanan pemerintahan masa Reformasi, yaitu masa pemerintahan di Indonesia sejak lengsernya presiden Soeharto pada tahun 1988 yang mengakhiri kekuasaan Orde Baru yang telah 32 tahun mendominasi pemerintahan di Indonesia.

Orde Reformasi di mulai pada masa pemerintahan Presiden BJ. Habibie, Gus Dur, Megawati Soekarno Putri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sampai pada masa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Setiap anggota kelompok membuat 10 pertanyaan dari masing-masing masa pemerintahan sejak Presiden Habibie, Prasiden Gus Dur, Presiden Megawati, SBY dan Presiden Jokowi, tentang program kerja pemerintahan masing-masing presiden dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, sehingga terkumpul 60 pertanyaan disertai Kunci Jawaban.

Kelompok ini membuat permainan berupa kincir angin , dimana sebagai bidang lingkaran terbuat dari kardos bekas tempat minuman air mineral dan dibuat berbentuk bulatan dan dilapisi kertas karton berwarna Merah dan Putin berselang-seling. Lingkaran dibagi menjadi 12 bidang, di mana setiap bidang berisi 5 pertanyaan, sehingga total ada 60 buah pertanyaan. Bidang lingkaran yang telah berisi 60 soal yang tersebut diberi penyangga sehingga bisa pada posisi berdiri dan bisa diputar dengan menggunakan tangan pemain, serta dilengkap jarum penunjuk berhenti pada nomor atau bidang.

Cara Bermainnya

1. 6 anggota kelompok melakukan toats/hompimpa untuk menentukan urutan nomor peserta dalam memainkan permainan yang mereka ciptakan sendiri.

2. Pemain yang mendapat urutan no 1 memulai memutar kincir angin dan membiarkan jarum penunjuk berhenti pada bidang dan nomor soal ke berapa pertanyaan yang dijawab oleh peserta nomor satu tersebut. Bila jawaban benar dapat skor 10, kalau salah tapi dijawab dapat skor 2 , kalau menjawab hanya benar sebagian maka dapat skor 5.

3. Peserta kedua, juga akan melakukan hal serupa, demikian juga peserta ke-3, ke-4, ke-5 dan pesreta ke-6

4. Setelah satu putaran diselesaikan maka dilanjutkan ke putaran kedua, ketiga dan sampai putaran ke sepuluh, sehingga setiap anggota kelompok berkesempatan menjawan 10 pertanyaan dan akan memperoleh skor 100, kalau jawabannya sempurna, dan bagi yang tidak bisa menjawab dengan sempurna maka akan meperoleh skor sesuai dengan aturan permainan yang disepakati bersama seluruh anggota dalam kelompok tersebut.

5. Nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran ini adalah, kerjasama, kejujuran, kreativitas, sportivitas, belajar kelompok, saling menghargai sesama anggota.

6. Belajar dengan permainan Kincir Angin, ternyata sangat seru, menyenangkan dan bermakna dan belajar seolah hanya bermain-main tetapi tetap mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan materi yang dipelajari.

Selamat menikmati permainannya, dan kalian tak terasa telah belajar masa pemerintahan Orde reformasi di Indonesia, selamat mencoba.

Rumahku, jelang malam, 03-05-2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sangat menginspirasi sekali pak guru, bisa 'contek" untuk belajar IPA juga...nijh pak guru ? Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

04 May
Balas

Monggo itu bagian dari isi buku saya selanjutnya, Pembelajaran IPS yang Seru dan Menyenangkan

04 May

Pembelajaran yang asyik dan menyyenangkan...bisa digunakan untuk fisika SMA ni pak..mohon ilmunya kmi manfaatkan ya pak..semoga kedepannya fisika tdk lg menjd pelj yg menakutkan..

22 May
Balas

Bisa saja di mapel apa saja yang penting siswanya bisa kreatif di bawah bimbingan guru yang kreatif juga

22 May

Makasih pak.

22 May
Balas

Ibu silahkan menulis apa saja di gurusiana,

22 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali