Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Pembelajaran yang Seru dan Menyenangkan
Siswa kelas 9f sedang menyelesaikan tugas pembuatan media permainan edukasi

Pembelajaran yang Seru dan Menyenangkan

Pagi ini jam 1-2 saya mengajar di kelas 9F, dengan materi Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi. Materi yang sudah saya ajarkan sejak minggu yang lalu, sengaja saya rancang untuk melibatkan siswa secara langsung dengan membuat permainan edukasi.

Caranya kelas 9F yang berjumlah 36, saya bagi menjadi enam kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6 anggota yang saya pilih secara acak dengan menghitung 1 sampai 6, dan anggota terbentuk berdasarkan angka yang didapat dari tiap siswa, kelompok 1 terdiri dari siswa yang mendapat urutan nomor satu, kelompok 2, terdiri dari siswa yang mendapatkan urutan nomor 2, dan seterusnya.

Setelah kelompok terbentuk, tiap kelompok saya beri tugas untuk membuat permainan edukasi yang terdiri dari materi Perubahan Sosial budaya dan Globalisasi, dan tugas yang mereka kerjakan setelah seminggu telah menampakkan hasilnya dengan berbagai macam bentuk dan pola permainan sesuai dengan hasil kesepakatan kelompok masing-masing.

Ajak siswa kita untuk membuktikan kemampuannya dalam berkreasi dalam membuat berbagai permainan edukasi yang bisa kita gunakan sebagai media pembelajaran dan mereka akan sangat senang dan dihargai karena kita sebagai seorang guru memberikan ruang dan penghargaan dari setiap hasil karya yang mereka hasilkan.

Tentu harapan selanjutnya para siswa kita akan terbiasa dengan kerja kelompok, saling menghargai dan menguatkan sesama anggota kelompok, bermain secara sportif dan jujur, serta bertanggung jawab atas tugas yang kita berikan untuk mereka.

Melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajran adalah Roh Pelaksanaan Kurikulum 13 yang menjadi kurikulum dan sudah dilaksanakan di seluruh lembaga pendidikan di Indonesia, kalau bukan kita yang memulai siapa lagi?

Madrasahku, 13-09-2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Inspirasi yang bagus Pak...

13 Sep
Balas

Ayo terus berbagi inspirasi bu Rini, jadi jariyah kita

13 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali