Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Ngopi Bareng Bahas Gelem (Gerakan Literasi Madrasah)  Jatim
Anggota Tim Gerakan Literasi Madrasah (Gelem), dari kiri, M. Zainuddin (Kepala MTsN 7 Kediri), Penulis, Dr. Zamroni, Kepala MIN 2 Probolinggo, Hendro (Guru MIN 1 Madiun)

Ngopi Bareng Bahas Gelem (Gerakan Literasi Madrasah) Jatim

Berbicara literasi tak bisa dilepaskan dengan kegiatan ngopi bareng sambil menikmati kudapan yang disediakan Hotel Kusuma Agrowisata Batu, dalam kegiatan Penyusunan Buku Panduan Gerakan Literasi Madrasah (Gelem) yang merupakan bagian dari 7 Inovasi Program, Kabid Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur.

Menurut Dr. H. Ahmad Sruji Bahtiar, M.Pd.I (Kepala Bidang Pendidikan Madrasah) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur, ada 7 Inovasi yang akan dilaksanakan mulai tahun 2019 ini, untuk mewujudkan Gerakan Ayo Membangun Madrasah (GERAMM) yaitu :

1. Gerakan Literasi Madrasah (Gelem)

2. Gerakan Madrasah Sehat (Gemes)

3. Gerakan Madrasah Inovasi (Gemi)

4. Gerakan Furudhul 'Ainiyah (Gefa)

5. Gerakan Peningkatan Kompetensi Guru (Kata Siguru)

6. Gerakan Kompetensi Kepala Madrasah ( Kata Sikamad)

7. Gerakan Peningkatan Kompetensi Pengawas Madrasah (Kata Siawas)

Anggota Tim Gerakan Literasi Madrasah yang dibentuk oleh Kabid Penma pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur adalah 15 orang yang terdiri dari :

1. Dr. Ahamd Zamroni, M.Pd.I Kepala MIN 1 Probolinggo Juara 1 Lomba Madrasah Literasi Tingkat Jawa Timur untuk kategori Madrasah Ibtidaiyah

2. M. Zainudin, M.Pd Kepala MTsN 7 Kediri Juara 1 Madrasah Literasi Tingkat Jawa Timur untuk kategori Madrasah Tsanawiyah

3. Drs. H. Nursalim, M.Pd Kepala MTsN 2 Kediri Juara 1 Madrasah Berprestasi tingkat Jawa Timur

4. Emi Rosidah, M.Pd Pengawas Madrasah Kemenag Kota Kediri

5. Mawardi, M.HI, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Pendma) Kemenag Sampang

6. Drs. H. Ahmad Syaihu, Penulis dan Penggiat Literasi, dan guru MTsN 4 Kota Surabaya

7. Eni Siti Nurhayati, M.Pd, Penulis, Editor, Penggiat Literasi dan Guru MTsN 9 Jember

8. Diana Khotibi, S.H.I Guru RA Kapongan Kabupaten Situbondo

9. Hendro, S.Kom, S.Pd.I Guru MIN 1 Kota Madiun

10. Dra. Siri Muzayati Rohmah, M.Pd, Guru MAN Kabuaten Lamongan

11. Ninik Kustini, M.Pd.I Kepala RA Assyakila Sidoarjo

12.Kalista Esti,Rada, SE, MM Pendma Kanwil Kemenag Jatim

13. Khoirul Anwar, SE, Pendma Kanwil Kemenga Jatim

14. Dr. Pratiwi, Praktisi dan Akademisi bidang Literasi dari UNESA (Narasumber)

15. Prof. Dr. Kisyani, M.Pd, Praktisi dan Akademisi bidang Literasi dari UNESA (Narasumber)

Kesemuanya dilakukan untuk menjadikan Madrasah menjadi lembaga Pendidikan pilihan masyarakat dan menjadikan lembaga Pendidikan yang Hebat Bermartabat.

Khusus untuk Gerakan Literasi Madrasah yang penulis termasuk di dalamnya, terdiri dari para Kasi Penma, Pengawas, Kepala MTsN, Kepala MIN, Kepala RA dan guru-guru yang sangat kompeten di bidang literasi dan sudah mempraktikkan kegiatan literasi di masing-masing lembaga yang diwakilinya dari RA-MI-MTs-MA se Jawa Timur.

Pada kesempatan ini diskusi untuk merumuskan panduan Kegiatan Literasi di Madrasah, masing-masing peserta menyampaikan program secara umum, dan menampilkan kekhasan dari penerapan literasi di masing-masing Roudlotul Atfal (TK), MI,MTs dan MA untuk dijadikan rujukan untuk RA dan Madrasah se Jawa Timur.

Dari hasil diskusi yang belangsung sampai dengan pukul 22.00 WIB akan dirumuskan untuk dibawa ke sidang pleno bersama kelompok program lainnya yang terdiri dari 7 program inovasi di atas.

Semoga kerja bareng tim Gerakan Literasi Madrasah bisa menumbuhkan budaya dan praktik literasi yang semakin baik dan terus membaik berupa budaya membaca dan menulis bagi seluruh warga RA dan Madrasah.

Kamar 132 Hotel Kusuma Agrowisata batu, 09-04-2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

MantuL beritanya,,,,,,,siiippp

10 Apr
Balas

Alhamdulillah Barokallah Pak Zen

10 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali