Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Merangkai Cinta Lewat Pernikahan
Bersama kedua mempelai yang sedang berbahagia di pelaminan (Keponakanku)

Merangkai Cinta Lewat Pernikahan

Siang tadi saya bertindak selaku saksi dalam pernikahan keponakan saya, Farid Luqmanul Hakim dengan putri dari Bojonegoro, Khosatun Khusniyah dalam Walimahan yang sederhana tapi penuh khikmad, semulya tujuan pernikahan itu sendiri.

Pernikahan adalah adalah ikatan suci antara suami dan istri secara syar’i untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah. Seperti yang difirmankan oleh Allah Swt, dalam Al Quran :

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًۭا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةًۭ وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍۢ لِّقَوْمٍۢ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” [QS. Ar. Ruum (30):21].

Pernikahan bertujuan untuk melanjutkan keturunan dalam keluarga dengan lahirnya anak dari pasangan suami istri, sebagai tambahan kebahagiaan bagi mereka, juga sebagai amanah dari Allah Swt kepada kedua pasangan untuk melairkan, menyusui, merawat, mengasuh, mendidik dan kalau sudah tiba waktunya menikahkan anak-anak keturunannya dengan pasangan yang terbaik, serta memberikan tambahan rezeki dari setiap anak-anak yang dilahirkan, sebagaimana Allah menjelaskan dalam Al Quran


وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًۭا وَجَعَلَ لَكُم مِّنْ أَزْوَٰجِكُم بَنِينَ وَحَفَدَةًۭ وَرَزَقَكُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ ۚ أَفَبِٱلْبَٰطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ ٱللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

‘Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia ciptakan bagi kalian anak cucu keturunan, dan kepada kalian Dia berikan rezeki yang baik-baik.” [QS. An Nahl (16):72].

Sedangkan anjuran menikah datang dari Rasulullah Saw, dalam haditsnya

Rasulullah SAW bersabda: “Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku !” . (HR. Ibnu Majah, dari Aisyah r.a.)

Di Hadits yang lain Rasulullah Saw, mengingatkan kepada para pemuda

Wahai generasi muda, barangsiapa diantara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barang siapa belum mampu hendaknya berpuasa sebab ia dapat mengendalikanmu.(HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud).

Demikian, beberapa catatan yang saya sampaikan ketika menjadi undangan ketika memberikan sambutan sebagai wakil keluarga mempelai laki-laki.

Semoga pernikahan keduanya, menjadikan keluarga yang berbahagia, lahir batin, sakinah mawaddah warohmah, Insyaallah

Rumahku, jelang magrib, 10-07-2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Pantesan gak muncul di gurusiana seharian ini, rupanya ngantar manten." Barakallahu laka wabaraka alaika wajamaa bainakuma fii khoir", teriring doa untuk sang pengantin. Aamiin ya robbal alaamiin. Salam sehat dan sukses selalu buat pak haji. Barakallah.

10 Jul
Balas

Alhamdulillah, Barokallah semoga doa ibu diijabahi Allah Swt, dan sampai pada kedua mempelai dan menjadi keluarga yang SAMAWA, segera diberikan keturunan yang sholeh sholihah, Selamat juga ibu ISBN-bukunya keluar, Alhamdulillah

10 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali