Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Menulislah Ketika Tidak Ingin Menulis !

Menulislah Ketika Tidak Ingin Menulis !

Ketika membaca tulisan bu Dyahni dari Purwokerto dengan judul Rindu Menulis, akhirnya muncul tulisan ini

Menulis, ya menulis itulah yang akan kita lihat hasilnya, kita baca tulisannya dan kita ambil manfaatnya dalam tulisan tersebut. Gurusiana adalah Blog Menulis yang disediakan Media Guru untuk memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk mengisi, berinteraksi dan juga bisa berpromosi hasil tulisan yang berupa buku.

Sebagai gurusianer menulis ibarat orang makan yang harus dipenuhi minimal 3 kali sehari supaya badan kita akan sehat, tentunya akan diikuti dengan sehat fikiran dan hati kita, dengan menulis terpuhilah kebutuhan asupan gizi kita.

Banyak teori tentang menulis yang sudah ditayangkan di Gurusiana, para pakar sudah memberikan di pelatihan-pelatihan baik yang diselenggarakan oleh Media Guru mulai dari Sagusabu, pelatihan kelas editor buku, MWC dan lain-lain, Pak Ihsan, Leck Murman, Mas Eko Prasetyo, bu Istiqomah dan narasumber yang ada di Media Guru, maupun pelatihan yang pernah diikuti oleh Gurusianer di luar Media Guru, juga apa yang pernah di tulis oleh pak Khoiri dalam berbagai bukunya tentang literasi.

Oleh karena itu penulis tidak akan membantah teori dan pengalaman mereka, semuanya baik dan bagus hanya penulis ingin menambahkan yang mungkin menurut mereka semua tidak masuk akal yaitu 'Menulislah ketika tidak ingin menulis'lho koq bisa? Bisa saja? Menurut siapa dan apa rujukannya? Jawabannya : 'menurut penulis'

"Ketika orang ingin menulis dan kemudian menulis itu hal biasa, tapi ketika orang tidak ingin menulis terus disuruh menulis akan berbeda hasilnya', karena dia akan mengeluarkan segala yang ia bisa dan ia mengerti tentang apa yang akan ditulis, maka akan lahirlah tulisan-tulisan yang bernada kesal,marah, benci, bahkan muncul tulisan jenaka, dan ini akan menjadi pembelajaran di kemudian hari untuk instropeksi dan semakin banyak membaca untu bisa menulis, karena merasa tulisannya yang dibuat sebelumnya banyak kekurangannya, terus belajar, terus membaca dan peka terhadap lingkungan sekitarnya menjadikan orang akan punya banyak ide untuk ditulis.

Ibaratnya ketika kita tidak ingin makan buah durian kemudian dipaksa untuk memakannya, pasti akan banyak kejadian-kejadian yang bermacam-macam yang akan bisa dijadikan sebagai ide tulisan. maka ketika anda tidak ingin menulis maka menulis sajalah karena dari situ muncul banyak hal yang bisa ditulis, selamat menikmati santap siang bagi yang tidak melaksanakan puasa sunah, bagi yang sedang berpuasa jangan sampai tegoda makan buah durian meskipun rasanya enak, Bagaimana menurut pendapat anda???

Rumahku, Ba'da Asar, 12-05-2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Hebaaat..selalu ada saja idenya..

12 May
Balas

Alhamdulillah, gmn hasil ujiannya pasti sukses, buku saya sdh nyampe Bogor? yang 2 untuk bu Edit yang 1 utuk bu Dalia Halmahera

12 May

Bsk nyoba ah. ... (Intinya ttp nulis ya pak?) Trim

12 May
Balas

Betul...

12 May

Pak Guru memang luar biasa! Tidak pernah kehilangan ide.

12 May
Balas

Makasih bu, dan idenya mmg ada di mana-mana, tinggal tangkap idenya langsung jadikan tulisan

12 May

Menulis kapan saja dalam kondisi apapun..begitu bapak?

12 May
Balas

Betul, saya kaget dg artikel ibu jadilah tulisan ini

12 May

Kaget kenapa bapak?

12 May

Selalu mantap artikel Pak Syaihu, terima kasih selalu memberikan inspirasi

12 May
Balas

Itu tulisan yang belum bergizi pak, hanya sekedar nulis sebisanya, oh ya td paketanna sdh saya kirimkan via pos, silahkan ditunggu

12 May

Pak Syaihu selalu punya ide2 unik utk menyemangati gurusianer utk konsisten dlm menulis

12 May
Balas

Ayo ibu semangat menulis tak boleh padam

12 May

Menulis ketika tidak ingin menulis? Wah ide kontroversial pak, tapi perlu dicoba nih. Memperhatikan alasannya, sepertinya masuk akal juga haha... Makasih pak selalu berbagi ide untuk memotivasi menulis. Sip!

12 May
Balas

Alhamdulillah ada yang tertarik dengan ide kontroversial

12 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali