Ahmad Syaihu

Guru di MTsN 4 kota Surabaya, Lulusan S-1 Jurusan Geografi FPIPS IKIP Surabaya tahun 1990. Mulai menjadi PNS tahun 2000. Pengagkatan sebagai PNS pertama di SMPN...

Selengkapnya
Menulis Adalah Olah Kata, Olah Rasa dan Olah Raga

Menulis Adalah Olah Kata, Olah Rasa dan Olah Raga

Menulis adalah akativitas yang membutuhkan berbagai macam aktivitas indera manusia dalam mewujudkannya.

1. Menulis membutuhkan ide, maka kerja otak kita akan mengantarkan kita menuju ide yang akan dijadikan bahan tulisan

2. Menulis membutuhkan kegiatan membaca, maka kerja mata kita akan menuju pada kata-kata yang terdapat dalam buku, diktat, majalah, koran, e book kita baca kate demi kata, kalimat demi kalimat, alenia demi alenia, sehingga mendapatkan makna tulisan yang kita baca menjadi bahan tulisan, disini tentunya melibatkan otak kita untuk merangkum yang kita baca menjadi suatu kesimpulan.

3. Menulis membutuhkan kegiatan mendengar, baik mendengarkan cerita, dongeng, mendengarkan lawan bicara kita berbicara, mendengarkan orang orang ceramah, mendengarkan orang pidato, mendengarkan suara musik, suara hujan, suara alam sehingga kerja indera telinga kita akan bergabung dengan otak kita akan meramu apa yang kita dengar dan menjadi bahan tulisan.

4. Menulis membutuhkan kerja tangan kita untuk menulis dengan tinta, mengetik di smarphone, mengetik di laptop atau komputer, sehingga jari-jemari kita akan menekan alat yang kita gunakan untuk menulis, menjadi sebuah tuisan yan penuh makna.

5. Menulis membutuhkan rasa, untuk memperindah tulisan, memilih kata demi kata, frasa demi frasa, kalimat demi kalimat, maka perasaan kita dilibatkan untuk menemukan kata-kata, frasa dan kalimat yang pas dan cocok untuk menggambarkan pesan yang kita inginkan lewat sebuah tulisan.

6. Menulis membutuhkan hati, sehingga tulisan yang kita hasilkan bisa memberikan makna yang mendalam bagi pembacanya dan bisa menjadikan pembaca tulisan kita larut dalam makna tulisan yang kita sampaikan.

Selamat menulis dan libatkan seluruh indera, perasaan dan hati kita, agar tulisan kita bermakna.

Rumahku, 11-07-2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Jika demikian, maka menulis merupakan salah satu aspek dari PPK ...njih pak Haji ? Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Jul
Balas

Alhamdulillah, sangat betul bu Hajjah, barokallah

12 Jul

Menulis adalah kerja otak dan hati direkam dengan semua indra agar peka membaca tanda dan menangkap fenomena agar berguna bagi sesama. Begitu mungkin kesimpulannya.

11 Jul
Balas

Alhamdulillah betul, itu menurut saya ibu, mungkin ada yang berpendapat lain dipersilahkan

11 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali