Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Manasik Haji sebagai Proses Pemantapan Beribadah Siswa
Siswa Kelas 8 MTsN 4 kota Surabaya sedang melaksanakan Manasik Haji

Manasik Haji sebagai Proses Pemantapan Beribadah Siswa

Pagi ini di sela-sela mengajar di kelas 9, penulis sempat keluar dari kelas untuk ke ruangan guru, mengambil buku yang tertinggal, di lapangan nampak pak Ahmad Pujianto guru Fiqih, bersama siswa kelas 8 sedang melakukan pembelajaran di luar kelas, tepatnya di halaman Madrasah yaitu melaksanakan praktik manasik haji, sesuai dengan materinya yaitu Haji dan Umrah.

Di lapangan madrasah berdiri miniatur Ka'bah berwarna hitam berbentuk kubus, sementara anak-anak laki-laki menggunakan pakaian Ihram berwarna putih, juga ada yang berwarna hitam, sementara siswa putri menggunakan pakaian seragam madrasah batik warna kuning dengan bawahan putih, berjilbab warna kuning dengan menggunakan sarung tangan warna putih, mereka siswa kelas 8 sedang praktik Thowaf yaitu mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali sambil melantunkan dzikir kepada Allah Swt., setelah selesai praktik Thowaf mereka berdoa.

Setelah melakukan Thowaf anak-anak di ajak keluar Madrasah ada jalan lurus di gang sebelah gedung Madrasah yang digunakan untuk praktik Syai, yaitu perjalanan atau lari-lari kecil dari bukit Shafa menuju bukit Marwa, sebanyak 7 kali, yaitu di mulai dari bukit Shofa menuju bukit Marwa,4 kali, sedangkan dari Marwa ke Shofa sebanyak 3 kali, dan berakhir di bukit Marwah dan berdoa kemudian di akhiri dengan Tahallul yaitu memotong minimal 3 helai rambut di kepala dan di akhiri dengan doa.

Menurut Ahmad Pujianto, praktik manasik adalah salah satu upaya untuk lebih mendalami ibadah haji dan umrah kepada peserta didik dengan cara mempraktikkan dalam kegiatan nyata, sehingga anak-anak memahami secara utuh pelaksanaan ibadah haji, sebelum praktek anak-anak diputarkan video pembelajaran pelaksanaan haji dan umrah sehingga anak-anak secara lengkap memahami syarat, ruku, wajib dan sunah ibadh haji dan umrah.

Pembelajaran dengan cara praktik akan lebih memantapkan tatacara beribadah siswa sesuai dengan tuntunan syariah dalam beribadah, sehingga nanti ketika para siswa ditakdirkan bisa melaksanakan ibadah haji dan umrah sudah memiliki bekal dan pengetahuan dasar tentang ibadah haji atau umrah. Anak-anak sangat senang dengan praktik manasik haji seperti ini.

Selamat bermanasik siswaku, semoga kelak kalian semua bisa melaksanakan ibadah haji sebagai rukun Islam yang ke-5 dan penyempuna ibadah kita sebagai seorang muslim.

Madrasahku, 07-03-2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali