Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Literasi Ramadan (5) Berbagi dengan Tulisan

Literasi Ramadan (5) Berbagi dengan Tulisan

Hari ke-5 puasa Ramadan kita lalui bersama hari ini, semoga puasa kita hari mendapatkan balasan yang sesuai dengan Allah kehendaki, karena Ramadan adalah Sahrullah (Bulan-Nya Allah), dan Allah yang akan membalas ibadah umatnya di bulan Ramadan ini.

Kegiatan Literasi (membaca, menulis, memahami, mentadaburi, melaksanakan apa yang dibaca merupakan bagian dari literasi), dan literasi merupakan sesuatu yang terus berjalan, tidak pernah berhenti.

Di bulan Ramadan, kegiatan literasi banyak yang fokus membaca, tadarus Al Quran, mengaji tafsir AL Quran, membaca dan menyampaikan hadits, dan membaca kitab-kitab dari para sahabat, ahli hadits, ulama, dan penulis-penulis yang menghasilkan buku/kitab keagamaan, sementara kegiatan literasi yang berupa menulis lebih sedikit dilakukan, karena memang lebih mudah mendengar, membaca atau berargumen daripada menulis, itu sangat alami.

Padahal menulis buku, kitab yang bermanfaat itu nilai pahalanya lebih banyak dan berlipat-lipat karena dapat digolongkan sebagai jariyah ilmu yang pahalanya terus mengalir setiap buku/kitab atau tulisan kita dibaca, apalagi dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menulis memang memerlukan niat yang kuat untuk mewujudkannya, tentunya tulisan yang baik dan bermakna memang juga tidak mudah untuk dilakukan, tetapi semuanya akan bisa berjalan dengan baik kalau kita punya apa yang dimaksud dengan istiqomah (ajeg dalam bahasa jawa/terus menerus dan rutin)

Kita sering mendengar cerita tentang seseorang yang teguh imannya dan baik akhlak serta perbuatannya namun orang itu berubah sejalan dengan waktu, atau kita juga sering menemui orang yang rajin beribadah akan tetapi tetap berbuat maksiat. Hal inilah yang sering dikatakan sebagai perbuatan yang tidak istiqamah. Secara bahasa istiqomah yang berasal dari bahasa Arab artinya lurus sedangkan menurut istilah istiqomah dapat diartikan sebagai perbuatan menjaga perbuatannya tetap pada jalan yang lurus dan tidak berubah karena sesuatu. Istiqamah dalam islam berarti menjaga segala iman dan taqwa dijalan Allah dengan tetap beribadah menjalani perintahnya dan senantiasa menjauhi larangannya.

Dalam hal menulis keistiqomahan diperlukan agar ada keberlanjutan dalam menulis, misalnya kita sedang menulis novel, dengan istiqomah menulis, maka ide, alur cerita bisa lancar dan terus mengalir bagaikan aliran bengawan Solo, yang tak pernah lupa, selalu rutin dan ajeg dalam melintasi daerah alirannya.

Ukuran istiqomah dalam hal menulis hanya kita sendiri yang menetapkan misalnya sehari komitmen menulis 1 artikel, atau dua hari menulis 1 artikel, atau sehari menulis 2 artikel, maka secara konsisten harus kita tepati, sebagai janji pada diri sendiri, ibaratnya komitmen kita adalah hutang yang harus kita lunasi atau kita tepati dalam hal menulis.

Keistiqomahan dalam menulis agar asa kita terus terjaga, dan tetap bisa berkarya, dengan istiqomah menulis kita akan lebih mudah memilih tulisan kita yang akan kita jadikan sebuah buku, tetntunya dengan berbagai pembenahan, pemanis dan tambahan gizi, agar tulisan kita semakin bergizi, renyah dan menjadi nutrisi bagi pembacanya.

Jangan lupa terus menulis dan menulis secara istiqomah.

Rumahku, 10 Mei 2019/ 5 Ramadan 1440 H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Saya terkesan dg tulisan ini.. Untuk saudara muslim, selamat menunaikan ibadah puasa...

11 May
Balas

Terima kasih Pak.Nyoman.mari berbagi meski hanya berupa tulisan

11 May

Mohon bimbingannya...

13 May

Mantep, Pak Haji...

11 May
Balas

Barokallah Bu Emi, sukses dan sehat sll

11 May

Syukron Pak Haji selalu mengingatkan untuk tetap istiqomah menulis. Barakallah

11 May
Balas

Menulis, menulis dan bagilah pada pembaca, Barokallah Bu Desi

11 May

Semoga selalu istiqomah Pak, dan semoga saya bisa mengikuti jejak Bapak.Barokalloh

11 May
Balas

Alhamdulillah mari.terus berbagi lewat tulisan@ semoga jadi jariyah kita

11 May

Iya menarik Klo semua mengalir seperti bengawan Solo maka kita tidak akan pernah kehausan pak .kalau saja para penulis seperti pak Drs Akhmad Syaihu maka kreatif menulis maka perpustakaan kita tak akan minim bacaan Selanat menunaikan ibadah puasa

11 May
Balas

Barokallah Bu Sulfiana, ayo belajar bersama dan berbagi bersama meski hanya berupa tulisan

11 May

Siap pak trims atas ajakannya

11 May
Balas

Alhamdulillah Ibu, Barokallah

11 May

Bagus sekali pak tulisannya ,, sehingga bisa memberikan inspirasi untuk terus menulis

11 May
Balas

Terus berbagi Bu meski hanya berupa tulisan semoga bisa menjadi jariyah kita

11 May

Alhamdulillah, smoga dilancarkan segalanya, dan ilmunya menular pd kita" yg msh baru belajar menulis, Salam literasi

11 May
Balas

Ayo belajar bersama Ibu Elsi, dengan berbagi tulisan pada dasarnya kita saling belajar, Barokallah

11 May

Nice Pak Haji InshaAllah istoqomah. Aamiin

11 May
Balas

Barokallah Bu Ratna, ayo menulis di Gurusiana Ibu

11 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali