Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Literasi Ramadan (3) Keutamaan Ilmu

Literasi Ramadan (3) Keutamaan Ilmu

Bulan Ramadan identik dengan bulan berbagi dan berburu ilmu, selalu ada banyak kesempatan untuk berbagi dan berburu ilmu.

Di Masjid, musolla, temapt-tempat umum, di stasiun radio dan televise banyak program pengajian, tausiyah dan bentuk acara lainnya untuk berbagi ilmu bagi para Ustad/ustadzah yang mengisi acara, sementara bagi pendengar dan pemirsa saatnya berburu ilmu dari para ahli di bidangnya.

Ramadan identik dengan waktu berbagi dan berburu ilmu, bagaimana keutamaan ilmu?

Bertanya merupakan kunci ilmu

Ali ra.menuturkan Muhammad Rasulullah Saw bersabda,”Ilmu itu laksana lemari (yang tertutup rapat) dan kunci pembukaannya adalah pertanyaan. Oleh sebab itu, bertanyalah kalian karena sesungguhnya dalam tanya jawab itu ada empat macam pahala, yakni untuk penanya, orang yang menjawab pertanyaan, para pendengar dan orang yang mencintai mereka.

Pertanyaan yang baik juga merupakan ilmu

Muhammad Rasulullah Saw bersabda, “Pertanyaan yang baik adalah sebagian dari ilmu” (HR. Ad Dailami).

Jika kita sedang mengikuti seminar, diskusi, kajian-kajian keagamaan atau dalam group WA yang bertujuan untuk mencari dan berbagi ilmu, maka sebenarnya kita sedang mencari dan berbagi ilmu.

Kita akan mengetahui bobot dan kualitas seseorang juga dari apa yang dia ucapkan, apa yang dia tanyakan juga apa yang dia jawab,

Oleh karena itu kita juga harus berhati-hati dalam setiap bertanya dan menjawab suatu pertanyaan, kuncinya adalah pengetahuan yang kita miliki, semakin dalam ilmu yang kita miliki maka kualitas pertanyaan dan jawaban , dan bahasa yang kita gunakan semakin baik.

Kadang kita juga mengetahui kulaitas sesorang dari apa yang iya tanyakan, atau ia katakana dalam forum diskusi, kajian, seminar atau kegiatan yang kita ikuti.

Kelebihan orang berilmu (1), Abu Umamah ra, mengatakan, Muhammad Rasulullah Saw, bersabda ‘Kelebihan orang berilmu dari orang beribadah (tanpa ilmu), bagaikan kelebihan Saya (Rasulullah Saw) dari orang-orang yang palin rendah di antara kalian semua” (HR. Tirmidzi)

Kelebihan orang berilmu (2), Abu Darda’ ra. mengatakan Muhammad Rasulullah Saw bersabda, “ Kelebihan orang berilmu dari orang yang beribadah (tanpa menggunakan ilmu), Bagaikan kelebihan Bulan pada malam purnama dibandingkan dengan semua bintang-bintang” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’I dan Ibnu Majah)

Di sini nampak jelas bahwa ilmu itu adalah suatu kebutuhan yang harus kita penuhi sebagai manusia dalam menjalankan tugasnya sebagai Kholifah di bumi, karena semua yang di atur dengan ilmu maka akan baik dan sesuai dengan fitrahnya, sebaliknya perbuatan yang tanpa didasari oleh ilmu akan sia-sia.

Derajat orang berilmu lebih tinggi, Rasulullah Saw bersabda, “Kelebihan orang berilmu dibandingkan dengan ‘abid (seseorang ahli ibadah) adalah tujuh puluh derajat'.

Di sini Allah menunjukkan bahwa para Aulia, orang-orang berilmu kedudukannya lebih tinggi dari pada para ahli ibadah, mari kita berlomba-lomba dalam menuntut ilmu, terutama di dalam bulan suci Ramadan ini.

Madrasahku, 08-05-2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terimakasih banyak pak haji...

08 May
Balas

Barokallah Bu Hajjah, ayo menulis dan berbagi ilmu di Gurusiana

08 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali