Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Lemparkan Panah Robin Hood dan Bagikan Sedekah Ilmu
'Panah Robin Hood' untuk Mengasah kemampuan dan ketrampilan dalam pembelajaran

Lemparkan Panah Robin Hood dan Bagikan Sedekah Ilmu

ini adalah bagian dari permainan edukasi yang merupakan hasil karya kelas untuk memenuhi tugas akhir Pembelajaran IPS kelas 9 di MTsN 4 Kota Surabaya. Sebagai guru IPS yang bertanggung jawab atas penuntasan materi pembelajaran.

Tiap kelas penulis berikan tugas akhir membuat permainan pendidikan yang berisi materi pembelajaran IPS kelas 9, mereka akan bekerja secara berkelompok 6-7 orang berdiskusi, menentukan model permainan, menentukan aturan permainan, menentukan skor permainan, sampai pada hukuman atau punishment bagi anggota yang tidak bisa menjawab pertanyaan yang tersedia dalam soal-soal yang mereka buat.

Salah satu hasil karya kelas 9E adalah permainan Lemparkan Panah Robin Hood dan Bagikan Sedekahmu, permainan ini mengadopsi tokoh Robin Hood si Pemanah ulung dalam legenda Rakya Inggris yang sering mencuri harta orang-orang kaya yang kikir, atau harta para perampok yang telah berhasil merampok harta orang-orang kaya di Inggris waktu itu, dengan tujuan mulia yaitu membagikan harta, makanan atau uang hasil curiannya kepada para fakir miskin yang banyak terdapat di desa-desa negara Inggris waktu itu.

Adapun permainan ini menggunakan lingkaran yang terdapat angka-angka, setiap peserta dengan menggunakan panag dari paku yang ditajamkan dilemparkan dari jarak tertentu, bila mengenai lingkaran tempat memanah akan menunjukkan angka-angka yang berisi soal yang akan dijawab(disedekahkan) kepada peserta yang lain sebagai sedekah ilmu, sehingga anggota lain bisa mengetahui jawaban dari soal-soal yang mereka buat.

Di sebelah lingkaran tempat melempar panah ada dua lembar karton yang berisi 70 soal dan 70 kunci jawaban yang akan mereka baca soalnya, dan mereka jawab dengan kemampuannya, apabila peserta tidak bisa menjawab sama sekali soal yang ditanyakan barulah kunci jawaban dibuka, dengan harapan seluruh peserta mengetahui jawaban yang benar dari soal yang ditanyakan.

Sesuai aturan permainan yang mereka buat, setiap jawaban yang benar dapat skor 10, jawaban yang kurang sempurna atau hanya sebagian yang dijawaban mendapat skor 5, bila tidak dapat menjawab sama sekali dan harus membuka kunci jawaban, pemain tersebut mendapat hukuman berupa menyanyikan salah satu lagu wajib nasional, atau lagu-lagu daerah.

Kelompok ini membahas materi tentang Masa Pemerintahan Masa Pemerintahan Orde baru, yaitu zaman Pemerintahan Presiden Soeharto yang berlangsung selama 32 tahun dengan segala prestasi, hambatan dan penyimpangan/penyelewengan berupa maraknya praktek KKN ( Kolusi, Korupsi dan Nepotisme), sehingga menyebabkan terjadinya multi krisis yang menyebabkan terjadinya unjuk rasa besar-besaran dari seluruh elemen bangsa, dan berujung pada mundurnya Presiden Soeharto pada tahun 1998, dan berakhirlah masa Orde Baru , berganti dengan Orde Reformasi.

Belajar sambil bermain memang luar biasa, disamping ridak tegang, enjoy, seru, menyenangkan dan melibatkan peserta didik secara total dalam proses pembelajaran, sementara sebagai guru tugas kita adalah memotivasi, menginspirasi dan menjadi mediaotor untuk kegiatan pembelajaran kita, selamat berkresai dan berliterasi demi kemajuan anak bangsa.

Madrasahku, 04-05-2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Keren pak...anak pasti senang bisa belajar dg terlayani 3 modalitas belajarnya.

04 May
Balas

Anak2 kita sebenarnya super sekali... asal diberi motivasi pasti luar biasa hasilnya

04 May
Balas

Idenya selalu brilyant.

05 May
Balas

Monggo bisa diadopsi di tempat ibu

07 May

Izin share y pak...

12 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali