Ahmad Syaihu

Guru di MTsN 4 kota Surabaya, Lulusan S-1 Jurusan Geografi FPIPS IKIP Surabaya tahun 1990. Mulai menjadi PNS tahun 2000. Pengagkatan sebagai PNS pertama di SMPN...

Selengkapnya
Jadilah Pemuda Seperti Batu Mutiara (Seri Literasi Ramadan 26)
Ustad Marzuki Imran, sedang memberikan Tausiyah peran pemuda Islam dengan memberikan 3 ciri pemuda

Jadilah Pemuda Seperti Batu Mutiara (Seri Literasi Ramadan 26)

Sore tadi saya mendapat undangan berbuka puasa dari Remaja Masjid Al Hibah di belakang rumah, di mana saya menjadi ketua Takmir Masjidnya, sekaligus sebagai Pembina Remaja Masjid Al Hibah.

Ketika diberi kesempatan memberikatan sambutan, maka saya ingin membangkitkan semangat semangat para remaja masjid untuk terus belajar, belajar dan belajar agar bisa menjadi generasi muda yang siap memenangkan persaingan di dunia yang semakin menantang ini.

Sambil mengutip pidato Presiden Soekarno di hadapan para pemuda, berilah saya 10 pemuda maka akan saya akan guncang dunia, intinya bahwa para pemuda sebagai generasi penerus, harus diberi kesempatan untuk tampil ke depan membuktikan kemampuannya di berbagai bidang kehidupan, sementara kita yang sudah dewasa harus membimbing, memotivasi, mendampingi agar generasi muda berjalan sesuai dengan jalan yang lurus yang diridhoi Allah Swt.

Dalam Islam peranan pemuda atau generasi muda sangat dibutuhkan, bahkan banyak pemuda dalam sejarah Islam yang menjadi hebat dalam usia yang masih belia.

Seorang Pemuda hebat seperti Usamah bin Zaid yang di usia 18 tahun sudah menjadi panglima perang menghadapi romawi, Umar bin Abdul Aziz usia 22 tahun menjadi gubernur Madinah, Imam Syafi’i usia 15 tahun sudah menjadi seorang mufti, dan Muhammad Al Fatih pada usia 22 tahun sudah menjadi sulthan bahkan setelah 2 tahun menjabat berhasil menaklukan benteng legendaris Konstatinopel pada usia 24 tahun.


Ust. Marzuki Imran, dai muda dari Surabaya, memberikan tausiyahnya ciri pemuda adalah punya semangat yang menggelora dan terus ingin maju, oleh karena itu pemuda harus diberi kesempatan maju sesuai dengan kemampuan dan bidangnya.

Sebagai pemuda jadilah pemuda yang seperti batu berlian yang cara memperolehnya penuh perjuangan, dengan mengeluarkan banyak uang, dan kalau sudah memperoleh batu berlian, maka akan kita rawat, kita pelihara, dan kita amankan dari tangan-tangan jahil yang ingin mendapatkan batu berlian tersebut.

Ada 3 ciri pemuda berlian adalah kuat, tatag dan tahan banting, dan tempatnya terhormat yaitu di masjid, di tempat - tempat kajian , tempat pengajian, di musolla, dan di pondok pesantren, satu lagi ciri berlian adalah berharga mahal, oleh karena itu jadilah pemuda yang berharga mahal, karena memiliki kemampuan, kualitas dan harga diri yang hebat, jangan jadi generasi muda murahan.

Pemuda menurut Ustad Marzuki Imron, jangan seperti batu kerikil, karena batu kerikil jumlahnya banyak, ada di mana-mana makanya harganya murah, pemuda jangan jadi batu kerikil karena tidak bernilai, dan tak berharga di mata masyarakat.

Pemuda harapan agama dan harapan bangsa harus dipersiapkan sejak dini dengan bekal ilmu agama yang kuat, agar kita terhindar dari api neraka, "Jagalah dirimu dan kelurgamu dari api neraka", demikian yang tercantum dalam Al Quran.

Kewajban kita selaku orang tua, selaku guru, selaku tokoh masyarakat di lingkungan kita akan semakin berat, karena pengaruh lingkungan, pengaruh kemajuan iptek, kemajuan medsos, menjadikan mereka rentan terhadap godaan, gangguan dan pengaruh yang menyesatkan.

Rumahku, 25 Ramadan 1439 H/ 10-06-2018 Pak Guru yang sedang berburu ilmu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga para pemuda kita adalah "pemuda berlian"....njih pak haji ? Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Jun
Balas

Alhamdulillah Barokallah, Insya Allah bu Hajjah

11 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali