Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Gunung Merapi Meletus Lagi, Status Normal
Gunung Merapi meletus Freatik yang menjulang sampai ketinggian 5,5 km, status Normal

Gunung Merapi Meletus Lagi, Status Normal

Jumat pagi tadi, sekitar pukul 07.32 WIB Gunung Merapi yan terletak di wilayah Kabupaten Klaten, Boyolali, Magelang dan Sleman meletus freatik. Letusan yang disertai suara gemuruh dengan tekanan sedang hingga kuat dengan tinggi kolom 5.500 meter dari puncak kawah. Material yang dilontarkan berupa abu Vulkanik, pasir dan piroklatik.

Letusan freatik menurut Sutopo Purno Nugroho, Kepala Pusat data Informasi Humas BNPB (Badan Nasional Pusat Bencana) dalam siaran pressnya, adalah letusan yang terjadi akibat dorongan tekanan uap air yang terjadi akibat kontak massa air dengan panas di bawah kawah gunung Merapi.

Jenis letusan Freatik termasuk jenis letusan yang tidak berbahaya dan akan terjadi pada semua gunung api bila terjadi akibat kontak massa air dengan panas di kawah, gunung Meapi sendiri juga pernah mengalami letusan jenis freatik ini.

Meski tidak berbahaya masyarakat diharapkan tenang, dan tetap waspada, dengan selalu menggunakan masker penutup hidung.

Berbeda dengan letusan Merapi yang terjadi terakhir yaitu pada tahun 2010

Tentu kita masih ingat dengan letusan gunung merapi Yogyakarta pada tahun 2010 silam. Letusan tersebut banyak memakan korban jiwa. Dalam kejadian tersebut, gunung merapi mengeluarkan Awan panas yang sangat ganas di perbatasan Jawa Tengah-Yogyakarta. awan panas yang dimuntahkan Gunung merapi sering disebut dengan Wedhus Gembel dengan suhu yang bisa mencapai 1.000-1.100°C saat keluar kawah, dan ketika menerjang permukiman suhunya menjadi sekitar 500-600°C. kecepatan Wedhus Gembel bisa mencapai 200 Km perjam. Nama Wedhus Gembel diambil karena gerakan dari muntahan Merapi tersebut bergumpal-gumpal dan berwarna keputihan dan dari jarak jauh seperti bulu wedhus (domba) gembel maka warga setempat menamakannya Wedhus Gembel.

Semoga letusan Gunung Merapi kali ini hanyalah letusan yang tidak berbahaya yang hanya mengeluarkan debu vulkanis tanpa disertai awan panas yang disebut Wedhus Gembel yang pada tahun 2010 menakibatkan ratusan korban baik yang tewas maupun yang menderita luka bakar, termasuk Mbah Marijan yang merupakan Juru Kunci Merapi ikut tewas dalam peristiwa letusan Merapi yang terjadi tahun 2010.

Semoga peristiwa ini hanyalah peristiwa alam yang terjadi secara alami dan merupakan Sunatullah yang harus terjadi di manapun ada Gunung Berapi, pastilah akan terjadi letusan gunung berapi.

Madrasahku, jelang asar, 11-05-2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga tidak terlalu besar letusannya. Mantap!

12 May
Balas

Mudah-mudahan ibu, semoga tak ada korban dari letusan kali ini

12 May

Semoga aman, tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Barakallah.

11 May
Balas

Amiin semoga Allah melindungi kita semua bu

11 May

Semoga tetap aman dan terkendali. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...pak guru.

11 May
Balas

Semoga aman dan selamat tak ada korban

11 May

Semoga kondisi selanjutnya aman terkendali Pak. Saya juga sempat terhenyak mendengar adanya letusan gunung berapi tersebut. Pertama hari Minggu kemarin, saya bersama keluarga baru saja putar2 sekitar Yogya, Bantul, Wonosari, Sleman. Kedua, keluarga besarku di bawah antara merapi dan merbabu. Jadi teringat waktu letusan tahun 2010, keluargaku mengungsi di Blabak. Selain itu juga, ikut prihatin dan khawatir kalau sampai terjadi bencana besar.

11 May
Balas

Mudah-mudahan hanya batuk-batuk saja bu, tak sampai keluar Wedhus Gembel-nya yang sangat berbahaya tersebut

11 May

Semoga tetap aman pak

11 May
Balas

Semoga tetap tenang, sehat dan selamat semua

12 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali