Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Gedung Sate Bandung dalam Kenangan Kami
Bersama siswa kelas 9 MTsN 4 Kota Surabaya di Gedung Sate Bandung (dokpri)

Gedung Sate Bandung dalam Kenangan Kami

Ini adalah kenangan saya bersama siswa kelas 9 MTsN 4 Kota Surabaya yang pada bulan Desember 2016 lalu mengadakan pengembangan Wawasan ke Jakarta dan Bandung. Pengembangan Wawasan bagi kelas 9 dan Kegiatan Tengah Semester (KTS) untuk kelas 7 dan 8 adalah program wajib yang diikuti oleh siswa selama menempuh studi di MTsN 4 Kota Surabaya.

Untuk Kelas 7 biasayan KTS-nya berlangsung di Jogjakarta dan Jawa Tengah untuk mengunjungi obyek alam dan obyek budaya, unruk kelas 8 diemas dengan nama Wisata Religi dan Budaya ke Pulau Bali, sementara untuk kelas 9 ke Jakarta dan Bandung untuk mengunjungi obyek wisata alam, sejarah, budaya.

Obyek yang dikunjungi di Jakarta, meliputi Masjid Istiqlal, Monumen Jayakarta, Monas, Ancol sedangkan di Bandung dan sekitarnya akan menuju obyek wisata alam Tangkuban Prahu, Cihampelas dan Cibaduyut untuk Belanja, Museum KAA dan Gedung Sate, Masjid Raya Bandung dan Trans Studio.

Kali ini saya akan mengulas dan menceritakan tentang gedung Sate yang merupakan Kantor Gubernur Jawa Barat.

Gedung Sate merupakan bangunan kuno peninggalan zaman Belanda yang dibangun pada tahun 1920 dan telah mengalami renovasi dan penambahan gedung baru sebagai pelengkap Gedung yang memiliki keunikan arsitektur itu karena merupakan perpaduan arsitektur Barat dan Timur.

Perpaduan timur dan barat yang ada di Gedung Sate terdapat pada gaya bangunannya yang bertemakan Renaissance Italia, jendelanya yang bergaya Moor Spanyol dan menara gedung yang memiliki gaya atap pura Bali atau pagoda dari Thailand. Pembuatan bagian depan dari Gedung Sate juga diperhitungkan dengan sangat terperinci. Mengikuti sumbu poros utara-selatan, Gedung Sate dibangun menghadap ke arah Gunung Tangkuban Perahu yang berada di sebelah utara dari bangunan ini.

FUNGSI GEDUNG SATE

· Sebagai Pusat Pemerintahan Jawa Barat

Sejak mengalami renovasi pada tahun 1977, Gedung Sate baru, dimanfaatkan sebagai Gedung pusat pemerintahan Jawa Barat, Gubernur dengan staffnya dan anggota DPRD menempati ruangan di Gedung Sate.

Kantor Gubernur Jawa Barat menenmpati Gedung Kerta Mukti di jalan Braga Bandung

Sementara Gedung DPRD Jawa Barat yang terletak di gedung lain, pada kompleks yang sama menandakan semakin kuat kesan bahwa Gedung Sate merupakan gedung pusat pemerintahan esekutif dan legislative untuk menjalankan roda pemerintahan di Jawa Barat

Gedung Sate Sebagai Destinasi Wisata Wajib Kota Bandung

Kini Gedung Sate menjadi salah satu obyek wisata wajib yang harus dikunjungi bila kita ke Bandung, karena keindahan Gedung Sate sangat terkenal, bahkan wisatawan manca negara banyak menggunakan Gedung Sate sebagai obyek fotografi dan foto diri (selfi), juga banyak dimanfaatkan untuk foto pre-wedding, warga Bandung, bahkan oleh artis-artis nasional.

Tempat Rekresasi dan Olah raga

· Pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu, serta pada hari libur nasional halaman Gedung Sate dan lokasi di sekitarnya menjadi pilhan masyarakat untukberekreasi, jalan-jalan dan beroleh raga, serta untuk bersantai bersama keluarga, juga banyak kuliner yang tersedia untuk memanjakan selera makan kita.

· Letak Gedung Sate yang berdekatan dengan Musum Geologi Bandung, juga merupakan paket wisata sejarah dan pendidikan yang cukup diminati pengunjung, baik dari dalam kota Bandung, wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara.

Mau Berkunjung ke Gedung Sate?

· Bagi masyarakat yang ingi berkunjung ke gedung Sate yang beralamat di Jalan Diponegoro No. 22 yang terletak di perempatan Jl.Ir.H.Juanda dan Jl. Sulanjana ini bisa menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi, Taxi, Gojek, Grab, berkendaraan roda dua, bersepeda, maupun jalan kaki.

· Gedung ini terbuka untuk umum pada hari libur dan akhir pecan saja, sebab pada hari kerja Gedung Sate digunakan aktivitas perkantoran oleh Gubernur Jawa Barat, beserta staffnya melayani kepentingan masyarakat Jawa barat dan menjalankan roda pemerintahan Propinsi Jawa Barat.

Perjalanan kami berwisata ke Gedung Sate Bandung diakhiri dengan foto bersama tiap kelas dengan wali kelasnya, kemudian kami berombongan melanjutkan perjalanan menuju Trans Studio Bandung.

Rumahku, 28 Ramadan 1439 H / 13 Juni 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali