Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Galau Penulis Pemula (3) Penulis Perlu Vitamin dan Suplemen

Galau Penulis Pemula (3) Penulis Perlu Vitamin dan Suplemen

Ketika mengawali sebagai penulis banyak alasan yang untuk tidak menulis karena kekurangan ide dan gagasan untuk ditulis, lalu apa yang harus dilakukan oleh penulis pemula untuk meningkatkan gairah menulisnya?

1. Banyak membaca, karena ada hubungan signifikan antara membaca dan menulis seperti ilustrasi di bawah ini

Antara menulis dan membaca terdapat hubungan yang sangat erat. Bila kita menuliskan sesuatu, maka pada prinsipnya kita ingin agar tulisan itu dibaca oleh orang lain; paling sedikit dapat kita baca sendiri pada saat lain. Demikianlah, hubungan antara menulis dan membaca pada dasarnya adalah hubungan antara penulis dan pembaca.

Dengan banyak membaca maka wawasan kita akan semakin luas, sehingga kegiatan menulis kita akan semakin lancar dan tidak takut kehabisan kata-kata atau kalimat, dengan membaca kita juga semakin menyadari banyak kekurangan kita.

2. Penulis pemula harus banyak latihan menulis di blog menulis yang dia punya, atau bergabung dengan blok penulis dengan jumlah anggota yang banyak, seperti Gurusiana, dengan menulis di blog maka akan banyak komentar dan tanggapan tentang tulisan kita dari pembaca, itu merupakan vitamin yang bisa menyehatkan dan merenyahkan tulisan kita selanjutnya

3. Sering mengikuti kegiatan Pelatihan menulis, agar kita memperoleh banyak suplemen baru untuk kemampuan dan kemajuan kita dalam menulis, dan memperbanyak kolega atau teman sesama penulis

4. Bergaul dan berkumpul dengan banyak penulis, menjadi anggota group/komunitas menulis, sehingga kita akan banyak memperoleh masukan, saran, kritik bahkan teguran dari sesama penulis, ingat kritik, teguran, komentar dari sesama penulis terhadap tulisan kita, anggap sebagai vitamin atau suplemen untuk meningkatkan kualitas tulisan kita ke depan.

Bagaimana menurut pendapat anda?

Madrasahku, 09-11-2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah, dapat suplemen agar tetap semangat menulis. Jazakallah khoir, pak haji. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, pak haji.

09 Nov
Balas

Barokallah, Alhamdulillah

09 Nov

Terimakasih suplemen nya pak guru, barakallah

09 Nov
Balas

Alhamdulillah, kalau bu Doktor sudah overdosis jadi nulisnya bak banjir bandang di Gurusiana

09 Nov

Setuju Pak guru. Hari ini saya dapat vitamin agar tetap semangat menulis. Barakallah

09 Nov
Balas

Alhamdulillah, jangan sampai lupa 3 x sehari, menulis, menulis dan memulis

09 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali