Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Belajar Jadi Seru dan Menyenangkan dengan Permainan Edukasi

Belajar Jadi Seru dan Menyenangkan dengan Permainan Edukasi

Judul Buku : Mewujudkan Pembelajaran IPS yang Seru dan Menyenangkan

Penulis : Ahmad Syaihu

ISBN : 978-602-478-514-7

Editor : Istiqomah

Penerbit : CV. Cipta Media Edukasi (Grup Pustaka MediaGuru)

Cetakan Pertama, Agustus 2018

Cetakan Kedua, Oktober 2018

Buku keempat tulisan saya, berisi tentang Best Practice Pembelajaran IPS yang merupakan mapel yang saya ampuh di MTsN 4 Kota Surabaya selama beberapa tahun terakhir.

Buku setebal 110 halaman ini berisi tentang pengalaman mengajar saya baik di kelas maupun di luar kelas (studi lapangan)

Ada 4 Bab dalam buku ini

1. Bab I (Hal 1-10) Membahas tentang Ilmu Pengetahuan Sosial, tentang apa dan bagaimana Ilmu Pengetahuan Sosial itu ada, hidup dan berkembang terus mengikuti perkembangan zaman, karena yang dipelajari adalah fenomena alam, sosial dan kebudayaan, maka IPS adalah ilmu yang hidup dan tak kan pernah mati, selalu berkembang dan terus berkembang.

2. Bab II (Halaman 11-34) Membahas tentang Guru dituntut harus kreatif dan menginspirasi agar bisa membimbing siswanya di kelas belajar secara seru, menyenangkan dan mampu menggali potensi siswa untuk berkarya dalam proses belajar mengajar.

Berbagai pelatihan dan diklat harus diikuti oleh seorang guru untuk meningkatkan kualitasnya dalam mentransformasikan nilai-nilai dan norma pada siswanya di kelas agar bisa mengarahkan siswanya menjadi siswa yang kreatif dalam belajar.

Bab III (hal 35-820 Pembelajaran IPS yang Seru dan Menyenangkan, berisi dan mengupas berbagai metode dan teknik belajar yang seru dan menyenangkan antara lain:

1. Menemukan (Inquiri)

2. Bermain Peran

3. Belajar pada pelaku sejarah perjuangan bangsa (Anggota LVRI)

4. Belajar dengan tutor sebaya

5. Berbagai hasil permainan edukasi siswa yang Seru dan Menyenangkan seperti:

a. Peta Jenius, Sky Way ASEAN, Monopoli Asia Tenggara, Teddy Bear Asean, Journey ASEAN

b. Jumanji of PBB, Monopoli dalam Ekonomi, The Zatura of social and cultural, Box of Exim

c. Adventure Emoji of ASEAN, Fortune of UNO, QnN Helly Card Bank, Tumpeng Keberuntungan, Uncal Ball of KAA,

d. Pemainan Kincir Ilmu. Lempar Bola Pimpong, Letuskan Balon dan Jawab Soal, Jarum dan Penutup Mata, Dadu dan Soalku, Lemparkan Panah Robin Hoodmu Bagikan Sedekah Ilmu.

e. Dan masih banyak Permainan Edukasi lainnya yang bisa menjadikan Proses Belajar Mengajar menjadi Seru dan Menyenangkan.

Bab IV Studi Lapangan sebagai Pembuktian Teori di Buku (83-106), Berisi berbagai pengalaman belajar di luar kelas yang terformat dalam kegiatan Studi Tour Siswa ke Yogyakarta (Kelas 7) ke Bali (Kelas 8) dan ke Jakarta-Bandung (kelas 9), yang ingin membuktikan kebenaran teori-teori di dalam buku teks siswa dengan kenyataan di lapangan sehingga siswa semakin memahami dan membenarkan teori di buku setelah mengamati fenomena di lapangan.

Meski buku ini berupa pengalaman dalam pembelajaran IPS namun sejatinya bisa diterapkan di seluruh Mapel yang ada karena intinya buku ini mengajak para guru dan siswa menciptakan suasana Seru dan Menyenangkan dalam proses belajar mengajar.

Bagi yang tertatik dengan Buku yang diendorsment 4 Doktor dari berbagai bidang ilmu, dan pengantar dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur ini, bisa menghubungi penulis di nomor WA 082233554444.

Rumahku, 05-12-2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali