Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Apa Untungnya Anda Jadi Penulis?

Apa Untungnya Anda Jadi Penulis?

Saat istirahat seusai mengajar Pak Budi (guru IPA) dan Pak Agus guru Bahasa Inggris terlibat diskusi yang hangat di ruang guru, berkaitan dengan kenaikan pangkat.

Keduanya termasuk guru yang sudah senior golongan pangkatnya sudah IV a, dan sudah lama belum naik pangkat karena salah satu persyaratan naik pangkat adalah Guru PNS harus punya karya entah itu berupa penelitian, karya inovasi, karya buku dan karya ilmiah lain sebagai bagian dari Pengembangan Diri.

"Apa keuntungan Bapak menjadi seorang penulis?" Tanya salah seorang teman guru saat ngobrol di ruang guru saat istirahat

"Keuntungannya banyak sekali Pak Agus", jawab Pak Budi sambil menunjukkan 2 buku karyanya 1 bidang sastra (Buku kumpulan puisi) dan 1 buku mata pelajaran Praktik Hidroponik dan peluang Wirausaha bagi siswa, pada Pak Budi.

"Ini apa Pak ?, ada apa dengan buku ini?" tanya Pak Agus balik kepada Pak Budi

" Karena 2 buku ini saya bisa mendapatkan kenaikan pangkat, karena dua buku ini nilainya masing-masing 3 dan 4 jadi 2 buku ini nilai kreditnya 7", jawab Pak Budi sambil menunjukan berkas PAK-nya pada Pak Agus.

"Luar biasa dengan 2 buku yang tipis-tipis hanya 60 halaman dapat nilai kredit yang begitu besar?, bagimana cara menulis bukunya Pak Budi?," tanya Pak Agus penasaran.

"Gampang ikut saja pelatihan menulis buku, kalau saya dulu alumni Sagusabu Mediaguru.

"Wah kalau begitu, tolong beritahu saya kalau ada pelatihan menulis buku, saya mau ikut Pak Budi, saya sudah 8 tahun gak naik pangkat karena gak punya karya"

"Pak Budi ini foto Pak Bapak dengan Pak Bupati dan Pak Kepala Dinas, lho itu sambil pegang buku Bapak?, hebat dong Pak Budi jadi terkenal", kata Pak Agus sambil menunjuk foto yang ada di meja Pak Budi

"Betul Pak Agus, itu saat acara Hardiknas tahun lalu, saya beserta penulis buku diundang ke Pendopo Kabupaten ikut upacara Hardiknas dan menerima penghargaan dari Pak Bupati sebagai Guru Penulis Penggerak Literasi, juga dapat amplop saat pulang Pak". kata Pak Budi

"Hebat Pak Budi sekarang jadi terkenal karena buku, saya kepingin menulis seperti Pak Budi, tolong saya diajari ya Pak", kata Pak Agus.

"Baik Pak Agus, sebentar lagi Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Mediaguru mengadakan Pelatihan Menulis Sagusabu (Satu Guru Satu Buku), bulan depan, segera mendaftar Pak, biar tak ketinggalan", kata Pak Budi mengakhiri diskusinya dengan Pak Agus, karena bel tanda masuk setelah istirahat telah berbunyi.

Rumahku, 11-02-2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Menulis memudahkan jodoh kedua

12 Feb
Balas

Waduh ini urusan lain, Barokallah

12 Feb

Mantap Pak

12 Feb
Balas

Barokallah Bu Syofni Erita

12 Feb

Asiik... Bisa naik pangkat.

11 Feb
Balas

Alhamdulillah Barokallah, naik pangkat bu Meynia

12 Feb

12 Feb
Balas

Alhamdulillah Bu Kartini

12 Feb

Mudah-mudahan virusnya menular pak guru...Aamiin Ya Robbal Alamin

12 Feb
Balas

Barokallah, Insyaallah bisa tertular, kalau ingin koleksi buku saya bisa WA di 082233554444, Saya tunggu Bu Endang

12 Feb

Saya juga mau naik pangkat pak ...

11 Feb
Balas

Tulis buku yang banyak, biar nilainya banyak juga Bu Yenni, Barokallah

12 Feb

Disebuah acara pertemuan, seorang ibu guru komentar, " oh ini Pak Kas Pani yang sering nulis di gurusiana itu ?". Baru saja nulis di gurusiana, bagaimana kalau sudah menulis buku ya. Ternyata ada manfaatnya nulis. He..he.Selamat pak Syaihu.

12 Feb
Balas

Barokallah Pak Kas Pani, ajak anak buahnya untuk menulis buku, banyak manfaatnya

12 Feb

Walau sy udah gak bisa naik pangkat dan KGB saya tetap bersemangat menulis pak,investasi masa depan pak.

12 Feb
Balas

Mantul bapak ... saya juga mau naik pangkat nih

11 Feb
Balas

Solusinya, tulis buku Barokallah Bu Fera

12 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali