Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya

30+6 = 1 Tahun Berpuasa

Setelah melakasanakan puasa wajib di bulan Ramadan yang tahun ini genap 30 hari, kita disunahkan untuk melaksanakan puasa sunnah 6 hari di bulan syawal yang dimulai tanggal 2 Syawal, selama enam hari lebih utama bila berurutan pelasanaaannya, mulai 2-7 Syawal 1440 H, atau kalau tidak bisa melaksanakan secara berurutan boleh dilaksanakan secara terpisah yang penting di bulan syawal.

Anjuran untuk melaksanakan puasa syawal datang dari Allah Swt

Puasa sunnah ini memiliki banyak keutamaan, sebagaimana yang diterangkan dalam hadits Qudsi, Allah subhanahu wata'alaberfirman:

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (قال الله عز وجل: كل عمل ابن آدم له إلا الصيام؛ فإنه لي وأنا أجزي به، والصيام جنّة، وإذا كان يوم صوم أحدكم فلا يرفث، ولا يصخب، فإن سابّه أحد أو قاتله فليقل: إني امرؤ صائم، والذي نفس محمد بيده لخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك، للصائم فرحتان يفرحهما: إذا أفطر فرح، وإذا لقي ربه فرح بصومه) رواه ومسلم

"Setiap amal manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran dengan (amalan puasa itu)." Kemudian, Rasulullah melanjutkan, "Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi .

Salah satu keutamaan puasa enam hari di bulan Syawal adalah pahalanya yang setara dengan puasa selama satu tahun. Anggapan ini memiliki dalil yang shahih.

من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال كان كصيام الدهر" رواه مسلم

“Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama 6 (enam) hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun."

Inilah rumusan para ulama tentang puasa Ramadan dan puasa syawal

Para ulama mengatakan bahwa berpuasa seperti setahun penuh asalnya karena setiap kebaikan semisal dengan sepuluh kebaikan yang semisal. Bulan Ramadhan (puasa sebulan penuh, -pen) sama dengan (berpuasa) selama sepuluh bulan (30 x 10 = 300 hari = 10 bulan) dan puasa enam hari di bulan Syawal sama dengan (berpuasa) selama dua bulan (6 x 10 = 60 hari = 2 bulan).

Cara melaksanakan puasa Syawal adalah:

  1. Puasanya dilakukan selama enam hari.
  2. Lebih utama dilaksanakan sehari setelah Idul Fithri, namun tidak mengapa jika diakhirkan asalkan masih di bulan Syawal.
  3. Lebih utama dilakukan secara berurutan namun tidak mengapa jika dilakukan tidak berurutan.
  4. Usahakan untuk menunaikan qodho’ puasa terlebih dahulu agar mendapatkan ganjaran puasa setahun penuh. Dan ingatlah puasa Syawal adalah puasa sunnah sedangkan qodho’ Ramadhan adalah wajib. Sudah semestinya ibadah wajib lebih didahulukan daripada yang sunnah.

Ayo kita laksanakan puasa sunah di bulan syawal agar kita mendapakan pahala puasa setahun penuh

Rumahku, 3 Syawal 1440 H/ 7 Juni 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Siap 86 pak Haji. Saatnya mempraktekkan apa yang kita dapatkan selama Ramadhan. Insya Allah.

07 Jun
Balas

Barokallah Pak Agus, mari kita sambut bulan syawal dengan puasa sunah 6 hari, maka kita seperti puasa setahun penuh

08 Jun

Terima kasih pak haji sudah mengingatkan. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

07 Jun
Balas

Saling mengingatkan dalam kebaikan adalah kewajiban sesama muslim

08 Jun

Syukron Pak Haji. Semoga selalu dilimpahkan kesehatan, kebahagian dan kesuksessan. Barakallah

07 Jun
Balas

Barokallah Bu Desi selamat lebaran di kampung halaman jangan lupa tulis kisah uniknya untuk buku ke-4

08 Jun

Alhamdulillah sdh mengikuti anjuran yg shahih Bp....Mohon maaf lahir batin ya Bp. H Syaihu, Salam silaturohmi....

07 Jun
Balas

Barokallah Ibu, saya dan keluarga juga mohon maaf Taqobballahu minna waminkum taqobbal ya karim

08 Jun

Barokallah Ibu, selamat Idul Fitri Mohon maaf lahir dan batin, Taqobballahu minna waminkum taqobbal ya karim

08 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali